Saturday 30 July 2011

Seizon senryaku shimashouka?

Salah satu anime musim panas ini yang saya ikuti adalah Mawaru Penguindrum. Sebuah anime yang di luar dugaan saya ambil dan ikuti. Di luar dugaan, karena sebelumnya saya tidak tahu kalau ini anime ada di list anime summer 2011 dan saya baru tahu dan baru tertarik setelah melihat beberapa komen orang-orang yang menonton episode perdananya.
Jadi anime ini bercerita tentang dua bersaudara laki-laki bernama Kanba dan Shouma yang hidup bersama adik perempuan bernama Himari yang mengidap suatu penyakit. Pada suatu hari saat mereka bertiga berjalan-jalan di suizokukan tiba-tiba Himari ambruk dan kemudian dinyataken telah meninggal. Tiba-tiba Himari bangkit sambil meneriakkan "SEIZON SENRYAKU!!" dengan sebuah topi berbentuk penguin di kepala. Himari pun hidup kembali. Kemudian mereka bertiga mendapat kiriman yang ternyata berisi tiga ekor penguin yang sangat geblek. Dan setelah itu Himari yang dikendalikan topi penguin memerintahkan Kanba dan Shouma untuk mendapatkan apa yang disebut dengan Penguindrum yang kemungkinan terdapat pada diri seorang cewek bernama Oginome Ringo. Oginome Ringo sendiri ternyata adalah seorang stalker tingkat tinggi yang men-stalk seorang guru sekolah Kanba dan Shouma yang bernama Tabuki. Ringo selalu berusaha mewujudkan apa yang tertulis di dalam buku diarinya untuk mewujudkan apa yang dianggapnya sebagai takdir. Ringo sangat percaya dengan apa yang disebut dengan takdir/unmei/destiny, berkebalikan dengan Kanba yang tidak suka dengan kata takdir/unmei/destiny. Cerita anime ini memang berkaitan dengan kata takdir/unmei/destiny. Sejauh postingan ini ditulis, Mawaru Penguindrum sudah mencapai eps 04. Studio yang memproduksi anime ini adalah Brain's Base. Beberapa art di anime ini malah mengingatkan pada anime bikinan Shaft. Ceritanya sangat menarik dengan berbagai unsur yang masih menjadi misteri, seperti apakah Penguindrum itu sebenarnya, ditambah dengan kegeblekan para penguin yang tingkahnya bikin ngakak. Lagu-lagu yang digunakan pun juga sangat bagus dan terkesan underrated. OP theme-nya diisi Yakushimaro Etsuko dengan lagu Nol-nil, sedang ED theme-nya diisi coaltar of the deepers dengan lagu Dear Future yang terasa sangat underrated sekali. Selain lagu OP-ED juga ada lagu insert saat scene Himari berubah, yaitu lagu Rock Over Japan, yang aslinya adalah lagunya ARB, yang di sini di-cover oleh Triple H. Nuansa lagu Rock Over Japan pun berubah, jika aslinya ARB membawakan dengan nuansa yang nge-rock dan GAR, maka Triple H membawakannya dengan nuansa yang ceria, maklum lah Triple H kan band afevo.
Kesimpulannya, Mawaru Penguindrum menjadi top priority saya di akhir pekan karena memang menampilkan sesuatu yang "fabulous max". Jadi, seizon senryaku shimashouka?

No comments: