Sunday 15 March 2015

Dulu dan Kini: Taman Gajahmungkur

Beberapa hari ini tertarik membandingkan kondisi Taman Gajahmungkur dulu dan kini. Jadilah kemarin, Sabtu, 20150314, saya mampir ke sana sebentar untuk mengambil foto taman yang dulu disebut dengan Tillema Plein.Seperti biasa, angle-nya tidak sama persis dengan foto kunonya.
Ambil foto dari depan Ereveld (kuburan Belanda) Gajahmungkur. Foto tempo doeloe di atas sumbernya dari web media-kitlv.nl. Foto tersebut menampilkan kondisi Tillema Plein sekitar tahun 1927. Kalau dilihat dan dibandingkan dengan kondisi sekarang, dari segi bentuk tamannya masih seperti itu. Namun, yang sekarang telah dikelilingi banyak pohon seperti yang terlihat di foto bawah. Sampai-sampai pohon-pohon itu hampir menutupi bagian taman yang lain. Saya beri tambahan foto lagi tapi dari foto bulan lalu.
Seperti yang terlihat di atas, sejak dulu hingga sekarang pun taman ini tetap punya bagian atas dan bagian bawah. Di foto tahun 1927 tampak ada pohon yang ukurannya masih kecil di bagian atas taman, sepertinya itu adalah cikal bakal pohon beringin besar yang sekarang berdiri di posisi yang sama. Di foto tahun 1927 juga tampak ada rumah yang kalau tidak salah ingat sepertinya rumah itu masih ada sampai sekarang.
Sekian. Bisa dibilang Taman Gajahmungkur merupakan salah satu taman peninggalan Belanda yang masih ada sampai sekarang, selain Taman Diponegoro. Semoga saja tidak hilang ke depannya. Sepertinya sih tidak karena taman ini terbilang baru direnovasi.

No comments: