Tuesday 1 May 2012

Shoujotachi yo, mou sugu yoake ga kuru~ Yume no mirai wa kore kara hajimaru~

Akhirnya, salah satu anime spring 2012 yang sudah saya tunggu-tunggu, yaitu AKB0048, tayang juga. Dengan tayangnya AKB0048 maka lengkap sudah watchlist untuk musim ini. Seperti yang sudah diketahui, AKB0048 merupakan sebuah anime yang dibuat berdasarkan idol group terbesar di dunia bentukan Yasushi Akimoto [Aki-P], yakni AKB48. Sebuah anime yang sudah ditunggu para wota maupun para fans 48fams, termasuk saya.
Ber-setting di masa depan di suatu planet bernama Lancastar di mana segala bentuk entertainment, termasuk juga idol, dilarang. Cerita diawali dengan scene segerombolan orang yang sepertinya wota sedang berdebat dan diinterogasi oleh beberapa petugas. Para wota ini bermaksud hendak menonton live guerilla dari idol group legendaris bernama AKB0048. Di saat bersamaan, di saluran air bawah tanah, ada empat anak perempuan bernama Chieri, Nagisa, Yuka, dan Orine sedang sembunyi-sembunyi pergi untuk menonton AKB0048 live guerilla. Nyaris ketahuan petugas tetapi mereka akhirnya bisa lolos. Begitu hampir sampai di lokasi tujuan, terdengarlah overture yang khas seperti di hampir setiap performance 48fams di dunia nyata. Sayang overture-nya tidak diperlihatkan secara full. Kalau full, pasti saya juga ikut overture sambil nge-chant, "taigaa, faiyaa, saibaa, faibaa, daibaa, baibaa ja ja dst" di kamar.
Setelah overture, langsung dibuka dengan Aitakatta. Sou ieba, personil AKB0048 di sini adalah para anggota asli AKB48 yang dianimasikan. Beberapa di antaranya adalah Atsuko Maeda [Acchan], Takahashi Minami [Takamina], Watanabe Mayu [Mayuyu], Kojima Haruna [Harunyan], Tomomi Itano [Tomochin], Oshima Yuuko [Yuuko], Kashiwagi Yuki [Yukirin], dan Akimoto Sayaka [Sayaka]. Begitu dengar Aitakatta, saya pun langsung ambil lightstick yang sudah tak menyala sisa-sisa konser AKB48-JKT48 25 Februari lalu. Keempat anak perempuan tadi pun turut bergembira menyaksikan konser gerilya AKB0048. Bahkan, Chieri yang suaranya diisi oleh Mayuyu pun ikut menyanyi, sehingga saya sedikit histeris, "Wah, Mayuyu~!!".
Setelah Aitakatta, ternyata para petugas pemerintah mengetahui adanya konser gerilya itu dan melakukan penyerangan untuk menghentikan konser itu dengan mecha yang mirip Valkyrie di Macross. Namun, pihak AKB0048 tidak mau menyerah begitu saja. Mariko Shinoda [ternyata muncul juga] yang di anime ini menjadi semacam commander aircraft yang mengontrol jalannya konser, memerintahkan Guardian Angels untuk turut menghalau petugas pemerintah itu sambil berkoordinasi dengan Takamina cs. Walaupun diserang, the show must go on. Lagu kedua pun dinyanyikan. Sebuah lagu yang sudah muncul dua kali di PV trailer AKB0048, yang berjudul Shoujotachi yo.
Setting lalu beralih ke empat tahun kemudian, di tahun Stellar Calendar 0048. Entertainment dan juga idol sudah dilarang sepenuhnya. Keempat anak perempuan tadi kini sudah SMP. Tapi, kali ini yang diperlihatkan hanya Nagisa, Yuka, dan Orine yang satu sekolah. Suatu hari, ada pengumuman audisi ke-77 untuk menjadi kenkyuusei  AKB0048. Nagisa, Yuka, dan Orine pun memutuskan ikut audisi untuk mewujudkan impian menjadi idol seperti AKB0048 yang legendaris. Namun, tentu saja ini bukan tanpa masalah. Nagisa dilarang oleh ayahnya yang baru saja menjadi pimpinan biro anti-entertainment. Sempat galau dan putus asa, tapi akhirnya Nagisa tetap lanjut mengikuti audisi tahap selanjutnya bersama Yuka dan Orine.
Impresi saya terhadap eps 01 ini adalah "APIK, LAGUNE APIK!!". Gak cuman lagunya sih yang apik, ceritanya juga apik. Menggambarkan perjuangan untuk menjadi idol di tengah dunia yang melarang segala bentuk entertainment. Ngomong-ngomong perjuangan, sepertinya saya harus segera nonton AKB48 Documentary. Ini anime berasa seperti Macross AKB. Macross? Hal ini tentu saja karena anime ini digarap oleh Kawamori Shoji yang sudah terkenal sebelumnya berkat karya Macross-nya. Kalau masalah lagu jelas tidak perlu diragukan lagi. Dua lagu AKB48, Aitakatta dan Shoujotachi yo, sudah dimunculkan di eps 01 ini. Ditambah lagu penutup yang sepertinya dibuat khusus oleh Aki-P untuk anime ini. Mengenai olah suara untuk Nagisa, Yuka, Orine, dan Chieri, masih agak kurang sih, terutama Nagisa. Maklum lah suara mereka diisi oleh para personil AKB48 yang baru pertama kali jadi seiyuu. Kalau untuk seiyuu pengisi suara Acchan, Takamina cs sih sudah tidak perlu diragukan lagi. Pada akhirnya saya saat ini jadi sering muter Shoujotachi yo yang ternyata sudah ada di harddisk. Semoga episode-episode selanjutnya lebih banyak lagu AKB48 yang muncul di anime ini.

4 comments:

Ghina said...

jadi penasaran.
pengen nonton juga..

meron said...

ya tonton aja
worth kok ini, apalagi jika anda fans dari 48fams

shalwa salsabila HF_73 said...

anime ini ada di chanel mana? saya sudah tdk sabar untuk menontonnya! karena, saya juga fans AKB48!

meron said...

kalo yang anda maksud adalah channel tivi lokal Indonesia maka tidak ada, karena ini cuman tayang di Jepang :v