Wednesday 25 April 2012

Clannad 2.0

Clannad 2.0? Apa itu? Seri baru Clannad? Jadi postingan ini tentang Clannad? Nope. Bukan, postingan ini bukan tentang Clannad atau pun karena ada Clannad yang baru. Postingan ini justru akan membahas karya terbaru dari Kyouto Animation [KyoAni] yang berjudul Hyouka. Lantas, kenapa judulnya "Clannad 2.0"? Judul itu hanya saya tulis secara iseng mengutip dari sms-nya Nohara di suatu tengah malam setelah menonton Hyouka. Sms itu hanya bertuliskan, "Clannad 2.0", lalu saya tanya, "Kuwi apa? [itu apa?]", Nohara menjawab, "Hyouka". Karena sms ini lah saya semakin penasaran dengan Hyouka yang sejatinya memang sudah terpantau radar saya untuk spring 2012 ini. Dan kemarin malam saya menonton Hyouka episode perdananya.
Seperti yang sudah tertulis di atas, Hyouka adalah karya terbaru dari KyoAni setelah terakhir kali merilis Nichijou di tahun lalu. Masih seperti karya KyoAni sebelum-sebelumnya, Hyouka juga masih bercerita tentang kehidupan SMA. Jadi di eps 01 ini diceritakan Houtarou Oreki adalah murid baru kelas 1 yang sebenarnya tidak suka untuk ikut klub apapun. Namun, karena surat dari kakak perempuannya yang ada di luar negeri, Houtarou memutuskan bergabung dengan Classic Club yang sebenarnya sudah tidak punya anggota. Sepulang sekolah, Houtarou mengambil kunci ruang klub kemudian menuju ke ruang Classic Club yang menempati ruang geografi. Setelah membuka pintu dengan kunci yang dibawanya, ternyata di dalam ruangan sudah ada seorang gadis berambut panjang yang kemudian diketahui bernama Chitanda Eru.
Chitanda ternyata juga berniat bergabung dengan Classic Club. Setelah mengobrol sebentar, Houtarou memutuskan untuk pulang. Saat akan pulang, ternyata temannya Houtarou yang bernama Satoshi menguping dari balik pintu. Karena sudah ketahuan, Satoshi pun turut bergabung dengan obrolan Houtarou dan Chitanda. Kemudian Houtaro teringat kalau saat dia datang pintu ruangan terkunci tapi ternyata Chitanda ada dalam. Chitanda berkata bahwa saat dia datang pintu tidak terkunci. Chitanda pun menjadi penasaran dengan penyebab terkuncinya ia di dalam ruangan. Ternyata penyebabnya adalah karena ruangan itu dikunci dari luar oleh janitor dan Chitanda tidak menyadari saat janitor mengunci ruangan tersebut. Setelah itu, saat hendak pulang Chitanda mengajak Satoshi untuk juga bergabung dengan Classic Club dan setuju. Akhirnya Classic Club pun mempunyai tiga anggota baru yang meneruskan kelangsungan klub.
Impresi saya terhadap eps 01 ini adalah benar kata Nohara bahwa Hyouka seperti Clannad 2.0. Dari seiyuu untuk karakter utama laki-laki saja sudah sama yakni Yuuichi Nakamura. Beberapa hal lainnya juga mengingatkan akan Clannad. Misal, pertemuan seorang murid laki-laki dengan seorang murid perempuan lalu mereka membangkitkan sebuah klub yang sudah tidak ada anggotanya. Apa lagi ya? Ntahlah, lupa. Tapi sepertinya masih terlalu dini untuk membandingkan Hyouka dengan Clannad yang dulu juga ditangani oleh KyoAni.

5 comments:

Anonymous said...

...

... ...

Enggak. IMO ini terlalu berbeda untuk dibandingkan ama clannad.

meron said...

ahahaha.wav
namanya juga ini cuman impresi pertama saya dan teman saya
selanjutnya bagaimana, ntahlah :v

omega said...
This comment has been removed by the author.
Psycho said...

Hhigh quality animation.
Kalau saya bilang malah near movie quality.
Apalagi episode 4, boo detailnya.

Rumahnya Chitanda ada beneran lho.

meron said...

ah iya itu eps 04, art-nya beneran keren

udah baca sih di blogmu soal rumahnya Chitanda :v