Tuesday 15 May 2012

In your position, set!!

AKB0048 baru saja mencapai episode yang ketiga. Sedikit review eps 03 ini yang ditulis untuk mengusir rasa bosan dan kantuk. In your position, set!!
Setelah serangan pasukan anti entertainment, DES, para calon kenkyuusei generasi ke-77 AKB0048 telah diangkut  di spacecraft milik 00, yang juga mengangkut para member AKB0048. Semua para calon ini, termasuk Nagisa, Yuka, Orine, Chieri, dan bahkan Sonata [yang sebenarnya gak lolos audisi tahap pertama] dilatih untuk menghadapi audisi tahap selanjutnya. Audisi tersebut akan dilaksanakan pada saat AKB0048 menggelar konser gerilya di suatu planet dan lebih tepatnya saat membawakan lagu Beginner. Ternyata latihan yang dijalani diluar bayangan mereka. Bukan latihan menyanyi atau dance tetapi latihan fisik pertahanan diri yang sangat dibutuhkan di era di mana entertainment, termasuk idol, dilarang.
Hari berlangsungnya konser gerilya pun tiba. Para calon kenkyuusei ini ditugaskan untuk menjaga para member AKB0048 dan juga keamanan konser dari serangan pasukan anti-entertainment. Konser dibuka dengan lagu Aitakatta, disusul Ponytail to Shushu, dan kemudian Beginner. Pada saat Beginner ini lah mulai terjadi serangan. Ternyata ini lah bentuk audisi tersebut. Para calon kenkyuusei yang "gugur" di medan perang ini langsung dinyatakan tidak lolos. Hingga akhirnya hanya tujuh gadis, yakni Nagisa, Yuka, Orine, Chieri, Sonata, dan dua lagi lupa yang dapat bertahan dan dinyatakan menjadi anggota kenkyuusei AKB0048. Ternyata semua serangan tadi hanyalah semacam simulasi karena sebenarnya di planet itu tidak menerapkan larangan entertainment.
Jadi, bagi saya episode ini super sekali. Aura super ini sudah terasa sejak di awal disebut Beginner. Saya pun sudah membatin, "Woh, Beginner, bakal keren iki". Benar saja, scene sewaktu Beginner memang keren. Di satu sisi ditampilkan AKB0048 yang sedang konser menyanyikan Beginner, dengan koreografi yang tentu saja diambil dari versi aslinya AKB48. Sementara di sisi lain diperlihatkan perjuangan para calon kenkyuusei yang berjuang menghadapi "serangan musuh". Perjuangan itu dengan diiringi Beginner yang seolah-olah menjadi backsound. Terasa pas sekali scene perjuangan itu dengan diiringi Beginner. Yang paling epic adalah saat Chieri terkena tembakan dan seketika itu juga Beginner seolah-olah berhenti tapi kemudian lanjut lagi. Benar-benar terasa menggambarkan perjuangan untuk menjadi idol itu tidak mudah. Walaupun di dunia nyata AKB48 dan juga para sister-nya tidak harus sampai berjibaku seperti itu. Ngomong-ngomong perjuangan, teringat saya belum nonton AKB48 Documentary.
O yo, yang agak membuat lol di eps ini adalah saat Mayuyu bertemu Mayuyu. Maksudnya, saat Mayuyu [yang suaranya diisi oleh Yukari Tamura] bertemu dan berbicara dengan Chieri [yang suaranya diisi oleh Mayuyu yang asli]. Penggambaran Mayuyu di sini pun membuat saya sedikit nyengir karena wajahnya cenderung expressionless, nada bicara datar ala Lemon-senpai [Ano Natsu de Matteru], dan banyak makan. Sasuga cyborg idol.

1 comment:

minoru said...

Aww saya ketinggalan 2 episode, mesti ngejar ketinggalan nih