Tuesday 11 April 2017

Wawancara Saitou Shuka dalam Majalah Seiyuu Animedia Edisi Mei 2017


Terjemahan oleh Meron alias saya sendiri. Artikel asli dari majalah Seiyuu Animedia edisi Mei 2017. Sumber gambar dari Cowboy Bibimbop: https://twitter.com/cowboybibimbop.

  
[Wawancara bagian atas]
Progress
--- Setelah konser perdana, seberapa berkembang kah Aqours?
Rasa persatuan di antara kami semakin menguat. Sewaktu kami berdiri di panggung Yokohama Arena, sekali lagi aku merasa kalau kami bisa sampai sejauh ini karena kami bersembilan saling mendukung satu sama lain. Memang ada sedikit kesalahan-kesalahan, tapi kalau bukan karena dengan formasi bersembilan ini, rasanya kami gak bisa melaluinya!

Aqours
--- Pesan untuk semua anggota setelah konser perdana.
Duh, agak malu (lol). Apa ya... Karena kemarin-kemarin selama gladi banyak menghabiskan waktu bersama, begitu konser berakhir, rasanya sepi karena jarang ketemu. Sebagai yang paling muda, mungkin aku gak terlalu bisa diandalkan, tapi tolong dukung aku ya ke depannya! Aku juga akan mendukung semuanya kok!!

Release
--- Harapan buat koleksi CD duo-trio.
Aku gak nyangka dipasangkan sama (Tsushima) Yoshiko. Sampai terkejut, "Ini beneran!!" (lol). Itu berarti You & Angel. Jadi bikin penasaran, kira-kira apakah You-chan jadi angel atau malah jadi fallen angel (lol). Tapi, sepertinya mereka berdua bakal cocok di lagu apapun dan bisa mewujudkan berbagai kemungkinan. Makanya, aku benar-benar gak sabar!

Together
--- Pesan untuk para penggemar yang menantikan Aqours Next Step! Project.
Aqours yang sekarang itu menurutku sedang dalam kondisi yang tidak bisa direm, terus melaju ke berbagai macam tempat. Tanpa tahu nantinya akan sampai di tempat seperti apa, tapi aku tak sabar untuk melihat masa depan yang telah menanti. Aku ingin menyaksikan pemandangan itu bersama semuanya, karenanya dari sekarang pun mari terus melaju bersama Aqours!

Yourself
--- Setelah konser perdana, bagaimana menurutmu mengenai perkembangan diri sendiri?
Sejak pertama kali muncul bersama You-chan di depan para penggemar tahun lalu, target utamaku adalah untuk menjadi You-chan itu sendiri. Menurutku, itu sudah berhasil kuwujudkan di konser perdana. Tapi itu belum selesai. Aku percaya diri sih, tapi seharusnya masih bisa lebih lebih berkembang lagi, karena itu aku ingin lebih berusaha lagi!

[Tulisan di kanan foto]

Waktu konser, aku telah menjadi You-chan sampai-sampai lupa menyebut nama sendiri!

[Wawancara bagian bawah]

Tulisan paling kanan: Lebih fokus pada lagu tim kelas 2 yang menjadi pembentuk alur konser.

--- Sewaktu encore hari kedua, pas berlari sekuat tenaga ke tengah panggung dengan senyum luar biasa mengembang itu terasa sangat berkesan.
Selama dua hari itu konser yang luar biasa sampai rasanya ingin teriak, "MENYENANGKAN!!", sekencang-kencangnya! Selama konser, aku benar-benar menjadi (Watanabe) You-chan dan berkat itu waktu ngasih salam di hari pertama, aku sampai kelupaan nyebut nama dan panggilanku sendiri (lol).

--- Segala perasaan tercurahkan ya. Jadi, apa tidak merasa tegang?
Bukan begitu. Di lagu pertama, begitu lifter-nya naik, rasanya deg-degan banget. Itu kalau aku gak gigit bibir bawahku, mungkin aku sudah nangis. Tapi, pasi lihat ke atas, ada video perkenalan anggota Aqours yang sedang diputar. Aku ingat pas lihat video itu aku merasa, "Harus berjuang bersama mereka!".

--- Rasa tegang langsung hilang saat itu juga?
Hilang begitu lihat wajah-wajah para penggemar. Rasanya lega begitu tahu ada segini banyaknya orang yang mendukung kami. Lalu, rasa khawatir maupun rasa tegang pun sirna, aku merasa kalau kami harus menikmati ini, tidak bisa tidak! Kalau kami tak menikmati ini, kami tak bisa membuat senang para penggemar kami! Aku pun menyalakan saklar yang ada dalam diriku. Untuk selanjutnya, aku gak terlalu ingat (lol). Kira-kira sebegitu menyenangkannya!

--- Tapi kan, di lagu kedua tiba-tiba lagu yang center-nya You-chan, Koi ni Naritai Aquarium. Pasti merasa ada tekanan seperti itu kan?
Karena lagu pertama itu Aozora Jumping Heart yang banyak gerakan intens, jadi pertama-tama agak susah ngatur napas. Tapi begitu lagu ini diputar, semua lightstick langsung jadi menyatu warna biru. Jadi terharu lihat itu. Semuanya sedang mendukung You-chan. Itu yang kira-kira aku tangkap, sewaktu menyanyi pun, rasanya seperti berada di tengah laut sungguhan. Aku sambil mikir, "Duh, kalau dibeginiin sih, aku jadi mau nangis". (lol)

--- Setelah itu sampai lagu kedelapan, muncul terus-terusan tanpa jeda.
Di bagian pertama, yang membuatku terkesan itu lagu yang dinyanyikan tim kelas 2, yakni Kimeta yo Hand in Hand dan Daisuki dattara Daijoubu! Dalam daftar lagu kali ini itu membentuk alur seperti kisah di anime-nya. Dua lagu ini merupakan lagu yang menjadi langkah awal memulai kegiatan school idol saat masih bertiga. Karena itu, jadi ada rasa tanggung jawab, kalau ini gak ditampilkan dengan baik, akan mengacaukan bagian yang selanjutnya. Aku pun jadi menyanyi dengan lebih terfokus.

--- Dalam artian secara keselesaran, alur dari Mijuku Dreamer ke Omoi yo Hitotsu ni Nare pada dasarnya memang bagus.
Ya karena ceritanya setelah terkumpul bersembilan di Mijuku Dreamer, You-chan dan (Sakurauchi) Riko-chan sama-sama melepaskan diri dari "cangkang" masing-masing. Di konser kemarin, di tengah-tengah Omoi yo Hitotsu ni Nare, ada adegan You-chan memandangi Riko-chan yang membangkitkan berbagai kenangan yang hampir membuatku menangis. Tapi, menurutku bukan sekedar terharu, melainkan juga ada rasa kalau aku harus semangat nari dan nyanyinya karena melihat Riko-chan yang sedang berusaha! Maka dari itu, aku menyanyikan dua lagu ini dengan berbagai perasaan.

--- Lalu, single ketiga Aqours juga telah dirilis. Tolong beri tahu sisi menarik dari single terbaru!
Di lagu ini, selain ada rasa senang menaiki kereta kebahagiaan, juga terasa ada sedikit kesedihan di dalamnya, lalu juga tergambar pahit manisnya proses perkembangan anggota Aqours. Jadi, kesan pertamaku adalah ini lagu yang ajaib. Tapi justru karena itulah, saat mendengarkannya kita bisa menemukan sesuatu di sana dan membuat kita ingin mendengarkannya berkali-kali. Jadi, kuharap semuanya juga mendengarkan lagu ini berulang-ulang dan kembangkan imajinasi kalian untuk menginterpretasikan lagu ini!

[Member Profile]
You Watanabe
Kelas 2 SMA Perempuan Uranohoshi. Sangat ahli lompat indah. Di sekolah tergabung dalam klub renang dan school idol. Selalu mendukung Chika, teman sejak kecilnya, dan sosok yang bisa diandalkan. Penanggung jawab kostum Aqours. 


Profil Saitou Shuka
Golongan darah A. Peran penting antara lain dalam game Uchi no Hime-sama ga Ichiban Kawaii sebagai Amaterasu. Tergabung dalam Holy Peak Agency.

No comments: