Thursday 27 April 2017

BPM15Q Dulu, CY8ER Sekarang

Entah kenapa baru sekarang nulis tentang ini. Well, efek blog ini terbengkalai sekian lama sih. Oke, langsung saja. Sudah dua tahun berlalu sejak saya pertama kali kenal BPM15Q. Lebih tepatnya, sejak pertama kali tahu nicamoq saat jadi model di Kneesocks Project. Jadi apa itu BPM15Q?
BPM15Q bisa dibilang semacam underground idol group yang anggotanya hanya terdiri dari Ichigo Rinahamu dan nicamoq (baca: nikamokkyuu). 15Q (baca: ichigokyuu) sendiri merujuk ke nama dua personilnya. Mereka sendiri menyebut diri mereka sebagai new age vocal DJ unit. Konsep inilah yang menurut saya unik, penggabungan idol dengan DJ. Yap, dari info yang saya dapat di awal kemunculannya, baik nicamoq maupun Rinahamu adalah DJ. Rinahamu sendiri merupakan mantan personil BiS (Brand new idol Society). Musik mereka pun model ajeb-ajeb tulit-tulit ala per-DJ-an kekinian. Tiga lagu pertama pada waktu itu yaitu BPM15Q!, Dokidoki Parirarura, dan Surechigai Boku to Kimi no Tsuushin, yang diunggah oleh nicamoq di akun soundcloud-nya dalam bentuk medley mix yang di-mixing sendiri oleh nicamoq. Sejak itulah, saya menggemari BPM15Q.
Menggemari mereka? Yap. Atau mungkin lebih tepatnya, cenderung menggemari karena faktor nicamoq yang pada saat itu berambut bob dengan image yang bisa dibilang agak loli. Tapi selain itu, lagu-lagunya memang asik sih, bikin nagih banget. Saya pun benar-benar hype ketika mereka merilis video klip pertama mereka lewat lagu BPM15Q!, ditambah ada video live mereka saat di Singapura akhir Agustus 2015.
Tahun lalu, mereka pun merilis sebuah single online yang berisi tiga lagu (BPM15Q!, Dokidoki Parirarura, dan Hakuchuumu) serta meriis video klip dari Hakuchuumu. Selain itu, juga dirilis sebuah album bertajuk BPM15Q ALL SONGS yang berisikan sembilan lagu. Semua lagunya sangat asik dan benar-benar bikin ketagihan. Perpaduan suara vokal nicamoq dan Rinahamu yang cenderung lembut bertemu dengan musik model ajeb-ajeb tulit-tulit ala per-DJ-an kekinian yang digarap oleh Yunomi. Sampai sekarang saya masih sering dengerin lagunya dan sepertinya tidak ada kata bosan. Di penghujung 2016 lalu, saat semuanya tampak baik-baik saja dan karir mereka menanjak, sesuatu terjadi.
Di akhir tahun lalu, BPM15Q mengumumkan berganti nama menjadi CY8ER (baca: cyber). Namun, tiba-tiba saja nicamoq mengumumkan keluar dari keanggotaan pada Desember 2016. Ada apa? Entahlah, saya juga kurang bisa mencerna mengapa nicamoq keluar walau sepertinya ada semacam masalah. Jujur sih, cukup kaget dan menyayangkan keluarnya karena nicamoq itu member favorit saya. Kalau bukan karena nicamoq, saya tidak akan tahu mengenai grup ini. Entah kenapa, kok ya bisa ngepas di album pertama dan terakhir mereka itu ada lagu berjudul Good Luck yang seolah-olah menandai berakhirnya era BPM15Q bersama nicamoq untuk melanjutkan ke era baru. Yup, nicamoq has left the show but the show must go on.
Seminggu setelah konser (atau lebih tepatnya gigs) terakhir BPM15Q bersama nicamoq, era baru pun dimulai. Yap, eranya CY8ER, yang kali ini mereka menyebutnya sebagai cyber tero idol. Masih digawangi oleh Ichigo Rinahamu dan kali ini dengan Koinumaru Pochi sebagai pengganti nicamoq. Awal Januari 2017, langsung merilis lagu pertama, Remix Start di soundcloud, yang seperti biasa sungguh ratjoen banget. Tak lama berselang, personilnya bertambah lagi dengan bergabungnya Mashiro. Mereka pun merilis single perdana berjudul Remix Start yang kemudian dilanjutkan dengan single kedua yang berjudul Te to Te. Video klipnya Te to Te pun juga telah dirilis di youtube.
Bagi saya pribadi, lagu-lagu CY8ER lebih terasa setsunai dibanding lagu-lagunya BPM15Q yang terasa lebih ceria. Jika disandingkan, lagunya CY8ER (baik itu Remix Start atau Te to Te) itu nuansanya seperti Good Luck-nya BPM15Q. Lebih setsunai, bukan berarti lebih jelek, tetap asik kok untuk didengarkan. Maklum, musiknya saja tetap dipegang oleh Yunomi. Oh ya, walaupun berganti nama dan personil, di tiap gigs-nya CY8ER tetap bawain lagu-lagunya BPM15Q, terutama Hakuchuumu yang sepertinya jadi lagu wajib.
Kabar terbaru, beberapa hari lalu mereka mengumumkan telah menambah tiga personil baru, jadi total member-nya sekarang ada enam orang. Ketiga personil baru itu adalah Fujishiro Anna, Yammy, dan Naatan Koromushi. Mereka semakin berkembang ya dan bikin penasaran juga bagaimana ke depannya CY8ER dengan formasi berenam ini. Tampak semakin menarik dan menjanjikan. Semoga saja nasibnya lebih bertahan lama dibanding BPM15Q.
Penutup. Apakah ada kemungkinan nicamoq kembali? Entahlah. Tapi jujur saya masih berharap nicamoq kembali bergabung walau kecil kemungkinannya. Semoga.

3 comments:

Sanaries said...

dan mereka bubar untuk selamanya, sekian.

Tempat Download Nganu said...

Ternyata sampai bubar pun nicamoq tidak kembali dan lebih memilih show bersama yunomi

Anonymous said...

Fbugc