Tuesday 30 July 2013

Para Bonekanya Bapak Rozen

Tibalah di penghujung akhir bulan Juli 2013. Deretan anime baru musim panas ini pun sudah saya tonton beberapa. Salah satu yang saya tonton adalah seri terbaru dari Rozen Maiden. Sebagai penggemar lama Suigintou, tentu saja saya menontonnya. Ini berarti sudah tujuh tahun berlalu sejak saya pertama kali nonton Rozen Maiden yang versi terdahulu.
Rozen Maiden versi 2013 ini memunculkan sebuah cerita baru yang bukan lanjutan dari Rozen Maiden Traumend. Sampai tulisan ini ditulis, sudah mencapai empat episode. Para bonekanya bapak Rozen yang muncul di sini adalah tujuh boneka yang asli bikinan bapak Rozen, termasuk Kirakishou [yang di Traumend cuman muncul sekilas di eps terakhir], dan tentu saja tidak ada Barasuishou.
Di eps 01, masih ber-setting saat Jun usia SMP yang seorang hikikomori, memilih "makimasu ka?" dan kemudian datanglah Shinku disertai rentetan pertarungan Alice Game dengan para boneka lainnya, termasuk Suigintou dan Kirakishou. Namun, memasuki eps 02, cerita benar-benar berubah. Di awal eps 02, Jun usia SMP memilih "makimasen ka?" dan setelah itu cerita seperti memasuki dunia paralel. Di dunia paralel ini, Jun sudah berusia anak kuliahan, hidup sendiri, berusaha masuk kuliah, bukan lagi hikikomori, dan bekerja sambilan di sebuah toko buku. Dunia yang tampak normal dengan tidak ada para Rozen Maiden.
Suatu hari, Jun menemukan sebuah paket buku "Shoujo no Tsukurikata" [Cara Membuat Gadis] di gudang tempatnya bekerja. Di buku itu dijelaskan mengenai cara membuat boneka Rozen Maiden. Setelah itu, Jun mendapat email dari Jun versi SMP dari dunia satunya. Jun SMP menyuruh Jun dewasa untuk membuat Shinku karena di dunia satunya terjadi kekacauan yang disebabkan oleh boneka ketujuh, Kirakishou. Cerita selanjutnya, Jun dewasa membuat Shinku hingga berhasil dan terkena jeratan mawar putih Kirakishou.
Sebagai penggemar lama, tentu saya menikmati seri terbaru ini. Walaupun, saat menonton eps 02, sempat bingung dengan cerita dan timeline-nya. Kualitas animasi, artwork-nya pun lebih bagus dari yang terdahulu sampai-sampai saya awalnya tidak menyadari kalau ini bikinan Studio Deen. Nuansa yang terbangun di beberapa eps awal ini adalah nuansa yang lebih suram dari yang dulu. Untuk urusan lagu OP masih dipegang Ali Project dengan lagu berjudul Watashi no Bara o Haminasai. Sedangkan lagu ED kali dipegang oleh mbak Annabel dengan lagu berjudul Alternative. Sejauh ini, porsi munculnya para boneka Rozen masih sedikit, kecuali Shinku. Berharap agar porsi munculnya Suigintou segera diperbanyak [di eps 05 nanti sepertinya banyak sih].

No comments: