Sunday 28 July 2013

urauE

Rabu, 20130703, mbak nagi akhirnya merilis album major pertamanya bertajuk Euaru. Setelah sebelumnya merilis lima buah single major sejak 20120229. Mbak nagi pun mengikuti jejak rekan seperjuangannya seperti mbak Annabel dan mbak ChouCho yang terlebih dulu merilis album major. Album ini terdiri dari 14 lagu original mbak nagi dan 7 lagu cover. Track list:
DISC 1:
  1. Hontou
  2. Yukitoki
  3. Ao no Parade
  4. concent
  5. helvetica
  6. Ambivalentidea
  7. euaru
  8. Zoetrope
  9. Laterality
  10. Stranger Attractor
  11. Qualia
  12. Translucent
  13. Vidro Moyou
  14. Uso
DISC 2:
  1. Agape
  2. 1/2
  3. Renai Circulation
  4. light prayer
  5. Uninstall
  6. Swallowtail Butterfly ~Ai no Uta~
  7. Kaze no Toori Michi
Mungkin agak telat juga nulis review ini. Tapi lebih baik telat daripada tidak sama sekali. Di review kali ini, saya tidak akan me-review satu per satu lagu seperti biasanya, tapi hanya garis besar per disc-nya saja.
Dimulai dari disc satu yang berisikan 14 lagu original. Di antara 14 lagu itu, enam di antaranya sudah pernah di keluar di single-single mbak nagi sebelumnya. Enam lagu tersebut adalah Yukitoki, concent, Ambivalentidea, Zoetrope, Laterality, dan Vidro Moyou. Sedangkan, sisanya atau tujuh lagu lainnya adalah lagu-lagu baru. Seperti biasa, judul-judul lagu yang muncul sebagian besar terkesan aneh dan unik, ntah itu dari bahasa mana. Seperti judulnya, lagu-lagunya pun juga bisa dibilang unik dengan berbagai tipe yang berbeda. Beberapa di antaranya cenderung khas tipikal lagu per-doujin-an mbak nagi, seperti sebut saja pada lagu helvetica.  Dari tujuh lagu baru, yang paling menarik perhatian saya adalah Stranger Attractor. Tipikal lagu ini cenderung berbeda dari lainnya. Bisa dibilang, lagu ini kental dengan aroma salah satu band favorit saya yang sudah bubar, school food punishment [SFP]. Permainan instrumennya sungguh SFP sekali dengan apa itu istilahnya, permainan melodi dengan keyboard yang dominan. Apa memang ada jebolan SFP yang terlibat di lagu ini? Misalnya, si om Hasuo gitu? Ntahlah. Dari 14 lagu, yang paling berkesan mungkin tetap Vidro Moyou. Karena apa? Karena lagu inilah single major pertama mbak nagi. Aura kegalauan juga terasa di lagu ini. Mengingatkan akan Ano Natsu de Matteru dan periode awal tahun 2012.
Selanjutnya masuk ke disc dua yang berisikan tujuh lagu cover-an mbak nagi. Bisa dibilang cover-an yang super sekali. Cobalah tengok dan dengar semua lagu di disc kedua ini. Tidak semua saya tahu sih lagu aslinya seperti apa dan itu lagu siapa. Paling cuman 1/2, Renai Circulation, light prayer, dan Uninstall. Namun sekarang, favorit saya di disc kedua ini adalah Agape walau gak tahu itu sebenarnya lagunya apa dan siapa [sudah tahu sih sekarang dari thread doujin kaskus]. Untuk 1/2, berhasil membuat saya bernostalgia ke masa lalu saat zaman nonton Samurai X di televisi sore-sore. Untuk Renai Circulation, itu sudah membuat saya hype sejak pertama kali diumumkan. Suara mbak nagi saat menyanyikan lagu ini sungguh membuat hnnnnngggggg [saking tidak bisa diungkapkan kata-kata], menyaingi versi aslinya mbak KanaHana. Lagu lain yang membuat bersorak kegirangan adalah light prayer yang aslinya besutan school food punishment. Secara, light prayer adalah lagu SFP favorit saya. Untuk tiga lagu terakhir juga super.
Overall, sebuah album yang super sekali. Dibuai oleh suara mbak nagi dalam 21 lagu itu sungguh menyenangkan telinga. Perpaduan yang bagus antara lagu original dengan lagu cover-an. Sudah lama juga tidak pernah dengar mbak nagi meng-cover lagu. Apalagi lagu yang di-cover adalah lagu-lagu favorit mbak nagi. Sangat puas dengan album ini. Kalau boleh menilai, maka bagi saya disc 2 > disc 1. Impact disc 2 lebih terasa. Ah, sayang sekali saya gak jadi beli album euaru ini. Padahal dulu sudah niat ingsun mau beli album ini. Tapi, karena AFAID, rencana pembelian euaru pun akhirnya dikorbanken. Sekarang, uangnya pun sudah berubah menjadi tiket AFAID. Andai saja mbak nagi jadi bintang tamu di AFAID, sekali saja andai saja, berandai-andai.

2 comments:

Anonymous said...

weleh... ga jadi beli album buat beli tiket AFA toh rupanya... hehehe

jadi pen denger mbak nagi lebi banyak kover lagu2 yg non vocaloid

meron said...

ahahahaha.wav #DemiAyaHirano

yep, sayangnya mungkin sekarang bakal jarang bisa denger si mbak ngover lagu non-Voca, kecuali pada rare ocation seperti misal di album ini