Friday 4 January 2013

Alunan klasik ala Key

Dari beberapa rilisan doujin music di C83 yang menarik perhatian, salah satunya adalah rilisan berjudul Key CLASSIC. Awalnya rilisan ini tidak terpantau di radar, tetapi semua berubah ketika comrade Whoozah nge-share di thread doujin music.
Tracklist:
  1.  Last regrets ~Classic~
  2. Tori no Uta ~Classic~
  3. Aozora ~Classic~
  4. Megumeru ~Classic~
  5. Dango Daikazoku ~Classic~
  6. Toki o Kizamu Uta ~Classic~
  7. Little Busters! ~Classic~
  8. My Soul, Your Beats! ~Classic~
  9. Ichiban no Takaramono ~Yui ver Classic~
  10. Philosophyz ~Classic~
  11. Harvest ~Classic~
  12. Little Busters! Medley ~Classic instrumental~
Seperti yang terlihat dari judul-judul lagu di atas, album ini berisikan lagu-lagu yang pernah menghiasi karya-karya VisualArt's/Key mulai dari Kanon, Air, Clannad, Clannad -After Story-, Little Busters!, Angel Beats!, hingga Rewrite dan Rewrite Harvest festa! Lagu-lagu tersebut kemudian di sini diaransemen ulang oleh TAM dengan gubahan ala musik klasik dengan alunan piano dan biola yang sangat dominan.  
Album ini dibuka dengan lagu Last Regrets dari Kanon, yang kalau tidak salah dulu jadi lagu opening-nya. Tetap dengan vokal Ayana namun kali ini dengan diiringi dentingan piano dan gesekan biola. Ngomong-ngomong Kanon, jadi teringat saat si tokoh utama cowok [mbuh-sapa-aku-lali-jenenge] menakut-nakuti Ayu dengan "Hyuu~ doro doro doro doro doro~", lol. Setelah itu, masuk ke dua buah lagu dari Air yakni Tori no Uta dan Aozora. Untuk Tori no Uta di sini hanya berupa permainan instrumental piano dan biola yang sangat nyaman di telinga. Kemudian, selanjutnya untuk Aozora masih dengan Lia di bagian vokal, kurang tahu tentang lagu ini sih sebetulnya sebelumnya. Btw, dari karya-karya Key yang sudah jadi anime, hanya Air yang belum saya tonton. Tahu lagu Tori no Uta pun itu dari seri medley-nya niconico douga. Sangat pingin sih nonton Air, ada yang bisa pinjami saya?
Selanjutnya masuk deretan lagu yang sangat nostalgic dari Clannad dan Clannad -After Story-. Diawali dengan Megumeru, sebuah tembang lawas nan legendaris dari eufonius. Di sini pun kita masih mendengar alunan suara khas mbak riya dari eufonius dengan diiringi piano dan biola yang sangat cocok untuk lagu ini dan cocok juga di telinga. Setelah itu kita disambut oleh lagu keluarga dango kesukaannya Nagisa alias Dango Daikazoku yang aslinya dinyanyikan oleh Chata. Namun, di sini hanya berupa aransemen instrumental ala musik klasik saja. Langsung teringat dango bunder-bunder yang saling berlompatan. Lalu, masuk ke lagu Toki o Kizamu Uta dari Clannad -After Story-. Tetap dengan Lia di posisi vokal. Aura galau langsung terpancar begitu mendengar suara sayatan biola di bagian intronya. Jadi teringat adegan di episode 16 Clannad -After Story- yang sangat mengharukan saat Nagisa wafat meninggalkan Tomoya dan Ushio.
Sesi Clannad usai, masuk ke sesi Little Busters! dengan satu tembang yang juga berjudul Little Busters! Seperti diketahui, Little Busters! adalah adaptasi anime terbaru dari Key dan masih berlanjut hingga saat ini. Lagu Little Busters! yang aslinya bernuansa rock digubah sedemikian rupa sehingga menjadi terasa klasik. Hasilnya, tidaklah gagal dan tetap bagus.
Kemudian, ada dua lagu dari Angel Beats!, satu-satunya karya Key yang anime-nya tidak didasarkan pada visual novel. Kedua lagu itu adalah My Soul, Your Beats! dan Ichiban no Takaramono -Yui ver-. Pada My Soul, Your Beats! hanya berupa alunan instrumental yang akan membuat anda teringat Tenshi a.k.a Kanade memainkan piano seperti di opening scene-nya. Lalu, diajak galau dengan lagu Ichiban no Takaramono -Yui ver- dengan suara LiSA. Tentu saja, anda akan dibuat teringat episode 10 Angel Beats! saat Yui-nyan akhirnya menghilang dari after-life. Lagu yang sangat terasa mengharukan dan menggalaukan.
Track berikutnya adalah dua lagu dari karya yang paling baru dari Key yakni Rewrite yang masih berupa visual novel dan belum diadaptasi menjadi anime. Dua lagu itu adalah Philosophyz, yang dinyanyikan oleh Runa Mizutani, dan Harvest yang dinyanyikan oleh Tada Aoi. Kurang tahu tentang Rewrite sih, begitu juga dengan dua lagu ini. Saya malah tahunya lagu Rewrite yang lain yang dinyanyikan oleh mbak nagi.
Album ini ditutup dengan medley sepuluh menit dari Little Busters!. Jadi, di medley ini berisikan lagu-lagu dan BGM dari Little Busters!. Di-medley hanya secara instrumen piano dan biola. Satu kata yang terlintas di kepala ketika mendengarkan medley ini adalah, "Natsukashii!!". Yap, walaupun anime-nya sedang diputar, tapi rasa "natsukashii" ini lebih muncul karena teringat masa-masa memainkan visual novel-nya [walau saya gak main sampai benar-benar tamat].
Overall, album ini sungguh mantab dengan dominan alunan piano dan biola yang mengiringi sepanjang lagu. Membuat kita bernostalgia dengan karya-karya Key dari zaman Kanon. Album ini benar-benar sukses membuat eargasm. Sangat direkomendasikan untuk para Kagikko. Alangkah lebih bagus jika mendengarkan album ini dengan memejamkan mata agar lebih menghayati.

3 comments:

minoru said...

Donlod link plis :v

meron said...

sumonggo: mediaperapiandotcom/?i4nvfd4q627ip88
credit to uploader :D

minoru said...

Wogh sip (y)
Saatnya dengerin ini sambil minum teh ala gentleman :v