Saturday 7 January 2012

Sekai no Shinchaku Douga

Sudah sekitar sebulan saya tidak meng-update blog ini karena selama Desember 2011 kemarin saya benar-benar dibuat sibuk oleh segala urusan yang berhubungan dengan TA sampai akhirnya dinyataken lulus kuliah juga [tinggal nunggu wisuda]. Ketika segala urusan TA itu beres ternyata sudah masuk tahun 2012.
Bulan Desember 2011 kemarin merupakan bulan yang benar-benar sibuk sampai-sampai jadwal nonton anime saya menjadi berantakan. Saya jadi tidak bisa nonton anime secara tepat waktu seperti dulu-dulu, pas nonton pun hanya sekedar nonton, kurang menikmati dan mendalami ceritanya. Jika biasanya satu episode anime bisa saya tonton minimal dua kali, selama Desember kemarin bisa nonton sekali saja sudah bersyukur [bahasane lebay sithik]. Itu karena bulan kemarin saya benar-benar menarget untuk bisa sidang TA agar segera lepas dari semua tanggungan perkuliahan. Yah, tapi sesibuk-sibuknya saya tetap saja berusaha meluangkan waktu dengan bersenang-senang, bahkan sehari sebelum sidang TA sekalipun. Salah satu cara bersenang-senang tersebut adalah dengan ODOTTEMITA.
Tanggal 20111225-26 kemarin, saya dan teman-teman dari BRK13 [a brand new odol/odoru unit produced by The Barokah Project and Semarang「Odottemita」Movement; this name is actually inspired by AKB48 and JKT48, lol] bikin acara sendiri bertajuk "The 1st Semarang「Odottemita」Challenge". Jadi ini adalah sebuah challenge atau tantangan bagi 11 orang member BRK13 yang ada di Semarang [minus Awal di Jogja] untuk membuat vid odottemita dengan lagu, dance, serta di lokasi yang berbeda. Tujuannya apalagi kalau hanya sebatas untuk bersenang-senang dan meng-upload sekalian eksis di youtube dan utamanya di niconico douga. Semua vid sekarang telah selesai di-upload ke youtube dan niconico douga. For me, the uploader, uploading 10x2 videos both on youtube and niconico douga in two weeks was really tiring. 
Ternyata setelah di-upload ada beberapa hasil tak terduga dan terasa IMBA sugiru. Yang pertama adalah kejutan besar dari vid phase 01 dari Morin dengan Senbonzakura. Secara mengejutkan sampai tulisan ini ditulis sudah di-view lebih dari 600 kali, 33 komen, dan 3 mylist. Sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya, memecahkan rekor nnd dari Barokah Project. Kejutan selanjutnya adalah dalam minggu pertama 2012 ini ada tiga vid yang diputar di niconamahousou [nicolive] bertajuk "Sekai no Shinchaku Douga" untuk segmen "entame & ongaku" [entertainment and music]. Ketiga vid itu adalah phase 04 [saya sendiri dengan Sweet Magic], phase 05 [Jessico-Caca dengan Marumori], dan phase 09 [Pak Profesor Himyar dengan Yaranaika].
Jadi di "Sekai no Shinchaku Douga" beberapa video yang baru saja di-upload ke nnd diputar selama 30 detik menjadi semacam preview. Di situ ada angket yang kira-kira berisi apakah video ini akan di-skip saja dan kemudian ada pilihan "hai" dan "iie" di monitor. Jika memilih "hai" maka akan langsung di-skip ke vid selanjutnya dan jika "iie" maka anda akan tetap lanjut menyaksikan preview 30 detik vid tersebut. Setelah selesai 30 detik akan muncul link untuk menonton vid tersebut secara full version. Ternyata banyak viewer yang memilih "iie" pada ketiga vid kami. Tentu saja saya merasa bangga karena tiga vid odottemita dari Semarang, khususnya vid Sweet Magic saya sendiri, bisa diputar di niconama. Komen-komen di niconama itu sendiri tampak menunjukkan hasil positif, seperti "Indonesia ya?", "Akhir-akhir ini sering ya dari Indonesia", "Indonesia lagi ya?" dll. Ada satu komen yang benar-benar bikin lol di vid Yaranaika-nya Pak Profesor, komen itu berbunyi 「インドネシアはホモがおkな国?」.  Yang bisa baca tulisan di sebelah ini pasti langsung lol.
Penutup. Setelah bulan kemarin merusuh di Jogja, bulan depan BRK13 siap, insya Allah, akan merusuh di Jakarta pada sebuah event besar di awal bulan. Event apa itu? Silaken tebak sendiri. Pesan yang ingin disampaikan pada saat ke Jakarta, "Yes, we're from Semarang and we can do the odottemita!!" sembari ingin menunjukkan rasa "nggumun" bahwa jika biasanya sub-culture atau pop culture apapun itu di Indonesia selalu dipelopori oleh Jakarta dan sekitarnya [seperti cosplay misalnya], tapi untuk kasus odottemita Semarang lah yang memulainya, walaupun odottemita pertama di Indonesia bukan dari Semarang. Sounds ambitious?
*Vid SOChallenge di niconico douga bisa dilihat di mylist di sebelah kiri blog ini atau bisa juga di : http://www.youtube.com/user/BarokahFour

2 comments:

minoru said...

Wah selamat sudah dinyatakan lulus~

Dan semoga sukses dengan proyek odottemita-nya. Kelihatannya mengasyikkan.

meron said...

lulus tapi setelah itu menuju masa depan yang penuh ketidakpastian :v

odottemita itu memang mengasyikkan, even for me who actually can't dance :o