Tuesday 10 January 2012

Yang ditunggu-tunggu: Ceritakepalsuan

Ini dia salah satu judul yang paling dinanti dalam rangkaian anime winter 2012, yaitu Ceritakepalsuan alias Nisemonogatari. Merupakan kelanjutan dari Ceritahantu alias Bakemonogatari yang sudah tayang pada musim panas 2009 yang lalu. Anggap saja ini adalah pemanasan sebelum movie-nya Kizumonogatari rilis. Sebagai orang yang telah menonton dan sangat menikmati Bakemonogatari, tentu saja sangat antusias dan bersemangat untuk menonton Nisemogatari. Saking antusiasnya sampai-sampai eps 01-nya sudah saya nonton tiga atau empat kali dan mungkin masih akan saya tonton lagi [mumpung jadi NEET sementara waktu]. Seperti seri sebelumnya, di eps pertama ini tentu saja kekuatan dan poin utamanya masih terletak pada permainan dialog dan kata-kata antar karakternya, dan di situlah memang yang membuatnya menjadi menarik. Animasi artistik simetrik yang tak lazim, khas ala Shaft pun masih diperlihatkan di sini. Begitu pula dengan Shaft's headtilt 45 derajat yang khas itu.
Jadi di eps 01 ini, di awal eps langsung ber-setting kalau tidak tanggal 29 ya 30 Juli, langsung diperlihatkan Araragi yang dikerangkeng dengan borgol oleh Mbak Hitagi di gedung bekas les-lesan yang biasanya si Oshino Meme mangkal. Alasan kenapa Araragi dikerangkeng dengan borgol, mungkin Mbak Hitagi mau melindungi Araragi. Pas nonton scene awal eps ini saya cengar-cengir sendiri karena terlalu antusias kembali melihat Mbak Hitagi dengan permainan dialognya terhadap Araragi. Kemudian masuklah lagu opening yang berjudul Futakotome yang dibawaken oleh Chiwa Saitou alias Mbak Hitagi. Lagu yang enak untuk didengarkan dan langsung teringat dengan Staple Stable dan saya pun angsung berkomentar, "staples staples staples" karena banyak staples [halah].
Setelah opening masuklah ke bagian judul "Karen Bee Sono Ichi", seperti dulu-dulu sempat di-pause sebentar baca tulisan sebelum judul. Cerita mundur menjadi tanggal 29 Juli pagi, itu berarti sebelum Araragi dikerangkeng. Singkat cerita, Araragi terlibat dialog dengan adiknya, Tsukihi, kemudian pergi ke rumah Nadeko, tapi di tengah jalan bertemu Hachikuji. Terjadilah permainan dialog dan guyonan cerdas antara Araragi dengan Hachikuji. Araragi meminta pendapat Hachikuji mengenai dirinya yang pernah menjadi vampir dan masih merahasiakan hal ini dari keluarganya. Seperti biasa, guyonan Hachikuji memelesetkan nama Araragi pun muncul di sini. Nama Araragi pun dipelesetkan menjadi Araragi Yomiko dan Shuraragi.
 [atas]Bahkan Ai dan Sainou dijual di Convenience Store masing-masing seharga 298 yen dan 284 yen
Sayang sekali di eps 01 ini lagu ending-nya, Naishou no Hanashi, gubahan ryo dengan vokal ClariS masih belum muncul. Sangat menantikan kemunculan lagu tersebut. Apakah akan bisa menandingi efek Kimi no Shiranai Monogatari di Bakemonogatari? Kita tunggu saja. Yang jelas satu slot tontonan di hari Minggu selama kurang lebih tiga bulan ke depan sudah diisi oleh Nisemonogatari.

No comments: