Sunday 20 February 2011

Love Live! School Idol Project

[Sebenarnya saya sudah ingin menulis tentang ini sejak beberapa bulan lalu tapi baru terlaksana sekarang.]
Akhir-akhir ini saya sedang sangat gandrung dengan Love Live! School Idol Project. Sudah tahu Love Live! sejak PV dan single pertama mereka, Bokura no LIVE Kimi to no LIFE, sih sebenarnya tapi baru akhir-akhir ini tepatnya setelah dapat PV-nya Snow Halation saya semakin gandrung dengan mereka. Apakah Love Live! School Idol Project itu? Mungkin sudah banyak yang tahu tentang Love Live! ini. Agak susah juga sih jelasin Love Live! itu apa, karena saya juga masih agak-agak bingung apakah ini suatu proyek anime, game, atau hanya proyek idol ala AKB48 atau Morning Rescue, eh salah, Morning Musume versi 2D. Tapi secara gampangnya sih, menurut yang saya tahu, Love Live! ini merupaken sebuah proyek idol unit versi 2D bikinan kerja sama Sunrise x Lantis x Dengeki G's Magazine. Karena ini adalah idol unit jadi pastinya terdiri dari cewek-cewek yang nyanyi sambil joged-joged. Dan Love Live! ini terdiri dari sembilan cewek usia 15-17 tahun yaitu :
  1. Kousaka Honoka, 16 [CV : Nitta Emi]
  2. Ayase Eli, 17 [CV : Nanjou Yoshino]
  3. Minami Kotori, 16 [CV : Uchida Aya]
  4. Sonoda Umi, 16 [CV : Mimori Suzuko]
  5. Hoshizora Rin, 15 [CV : Iida Riho]
  6. Nishikino Maki, 15 [CV : Pile]
  7. Toujou Nozomi, 17 [CV : Kusuda Aina]
  8. Koizumi Hanayo, 15 [CV : Kubo Yurika]
  9. Yazawa Nico, 17 [CV : Tokui Sora]
Above le-ri : Nishikino Maki, Toujou Nozomi, Koizumi Hanayo, Yazawa Nico; Below le-ri : Sonoda Umi, Ayase Eli, Kousaka Honoka, Minami Kotori, Hoshizora Rin
Sejauh ini Love Live! sudah mengeluarken dua single dan dua PV yaitu Bokura no LIVE Kimi to no LIFE dan Snow Halation.
Single Bokura no LIVE Kimi to no LIFE rilis kalo gak salah sekitar tanggal 20100813. Dan saya sendiri baru tahu tentang itu sekitar September 2010 setelah Lebaran. Kesan pertama saya waktu itu terhadap Love Live! ini, "AKB48 banget!". Yap, nuansa AKB48 memang kental terasa di PV-nya Bokura no LIVE Kimi to no LIFE, karena dari segi kostum dan konsepnya bisa dibilang mirip-mirip gabungan PV dua lagu AKB48 yaitu Iiwake Maybe dan Oogoe Diamond. Dan bahkan saya merasa Kousaka Honoka mirip Atsuko Maeda dan Hoshizora Rin mirip Mariko Shinoda. Beberapa scene di PV ini pun juga mirip PV Iiwake Maybe. Mungkin pihak Sunrise x Lantis x Dengeki G's Magazine memakai AKB48 sebagai acauan dalam membuat Love Live! ini. Sedikit perbandingan :
Above : Bokura no LIVE Kimi to no LIFE cover; Below : Iiwake Maybe cover Above : Kousaka Honoka; Below : Atsuko Maeda Above : Hoshizora Rin; Below : Mariko Shinoda
Sedangkan single kedua Snow Halation rilis sekitar jelang Natal, Desember 2010 kemarin. Saya agak telat sih tahunya single kedua ini, baru dapet single-nya Januari kemarin dan PV-nya pun baru dapet beberapa hari yang lalu. Untuk PV Snow Halation ini saya tidak bisa membandingkannya dengan AKB48 karena saya sendiri sudah jarang mengikuti AKB48 akhir-akhir ini. Yang jelas, dari Snow Halation ini saya semakin merasa kalo Love Live! itu "moe over kill". Benar-benar membuat saya gandrung, terutama terhadap Yazawa Nico. Yap, dari sembilan cewek personil Love Live! ini saya memang paling demen ama Yazawa Nico. Twintail dan loli [tingginya 154 cm dan paling pendek di antara yang lain], sungguh mengena ke diri saya. Saking demennya ama Nico sampai-sampai profpic FB dan avatar kaskus saya memakai pic-nya Nico :malu:.
Nikonikoni~ Nikonikoni~
Di bawah ini saya kasih PV Love Live! yang Bokura no LIVE Kimi to no LIFE dan Snow Halation dan PV AKB48 yang Iiwake Maybe dan Oogoe Diamond, sebagai perbandingan saja. Sou ieba, saya teringat kata-kata Katsuragi Keima yang intinya menyebut bahwa sekarang adalah era dari 2D idol. Sepertinya benar juga sih, setidaknya bagi saya. I prefer to 2D idol unit like Love Live! than South Korean 3D girlbands/idol units which are freaked by many common people.

2 comments:

minoru said...

2D >>>> 3D

Psycho said...

Akhirnya nemu PV Snow Haaltion <3 yang bersih. Kemarin cuma nemu yang ada window watermakrnya;_;.

Download ntar |___|