Tuesday 14 April 2015

Dulu dan Kini: De Spaarbank

Kemarin Sabtu, 20150411, saya iseng jalan-jalan (literally jalan-jalan alias jalan kaki) muteri sebagian Kota Lama Semarang. Tujuannya hunting foto untuk diperbandingkan kondisinya dulu dan sekarang. Ambil beberapa foto yang lumayan. Di postingan ini saya sajikan dulu salah satunya yakni foto bangunan De Spaarbank.
Salah satu tujuan saya kemarin Sabtu adalah mencari bangunan De Spaarbank. Tertarik mencari karena kalau lihat di fotonya yang tempo doeloe bangunannya terlihat epic. Dapat clue letaknya di Jl. Kepodang tapi saya tidak hafal nama-nama jalan di Kota Lama jadinya ya asal jalan kaki saja. Sempat bingung karena gak ketemu-ketemu bangunan walau sudah menyusuri Jl. Kepodang. Akhirnya ketemu juga. Letaknya di ujung Jl. Kepodang sisi dekat Kali Semarang. Kondisi jalan depannya ramai dengan dayatsu (angkot). Walau ramai, saya cuek saja ambil fotonya. 
Seperti terlihat dari perbandingan foto di atas, walau angle-nya gak mirip, tapi bentuk bangunan De Spaarbank ini tidak terlalu berubah. Masih tampak sisa-sisa kejayaan masa lalu. Yang paling beda hanya di bagian pilar-pilar di teras bawah yang sekarang sudah ditutup. Bagian balkon dan beberapa ornamen masih tampak sama. Cuma sayang sepertinya sekarang sudah mangkrak. Tumbuh tanaman-tanaman liar dan ada gubuk-gubuk di depannya. Semoga saja tidak sampai rubuh karena desain bangunan ini terbilang epic.

No comments: