Sunday 5 April 2015

Jumpa Lagi Setelah Lima Tahun Berlalu

Sudah memasuki bulan April, itu tandanya waktu untuk anime-anime baru musim semi tayang. Dari sedikit yang sudah saya tonton, salah satunya adalah Nagato Yuki-chan no Shoushitsu. Ini salah satu yang saya tunggu-tunggu. Nagato Yuki? Shoushitsu? Apakah ini ada hubungannya dengan seri Suzumiya Haruhi? Terutama Suzumiya Haruhi no Shoushitsu? Jelas berhubungan. Karena seri Menghilangnya Nagato Yuki-chan merupakan spin-off dari Suzumiya Haruhi no Shoushitsu (cmiiw). Mengambil setting di dunia buatan Nagato alias tidak ada Haruhi di North High.
Di episode pertama ceritanya benar-benar tipikal slice of life. Haruhi dan Koizumi bukan murid North High. Nagato bukan alien tapi hanya gadis biasa berambut pendek berkacamata yang tampak pemalu namun lebih berekspresi. Asakura Ryouko muncul lagi tapi juga bukan alien. Bersama Kyon, Nagato, dan Asakura ketiganya anggota klub literatur biasa. Tidak ada SOS-Dan. Ruangan klub pun tidak banyak barang aneh-aneh ala SOS-Dan. Berlatar di bulan Desember (sebagaimana Menghilangnya Suzumiya Haruhi) menjelang Natal. Nagato ingin mengadakan pesta Natal di ruang klub dengan hidangan utama turkey. Mencari turkey, malah ketemu Tsuruya-san dan Mikuru, yang sekarang bukan time traveller.
 
Begitulah intinya eps 01 ini. Mengenai first impression, not bad. Memang sih art-nya beda, begitu pula studio yang menangani. Dampaknya saya sudah lelah melihat komen dan reaksi orang-orang yang tidak senang dengan perbedaan ini tentunya dengan membandingkan seri Suzumiya Haruhi terdahulu. Jika dulu yang megang KyoAni sekarang dipegang studio Satelight asuhan Kawamori Shoji. Masalah art yang beda, ya jelas beda, wong referensinya memang beda. Kalau dulu referensinya langsung dari light novel yang gambarnya digarap Itou Noizi, yang ini kan diadaptasi dari komik berjudul sama garapan Puyo. Nagato pun tampak lebih loli. Kyon jadi kurang sinis. Tsuruya-san jidatnya jadi kurang lebar. Dan berbagai perbedaan lainnya. 
Walau art-nya beda, setidaknya formasi dan komposisi para pengisi suaranya masih tetap sama. Tetap ada Tomokazu Sugita, Minori Chihara, Yuko Goto, dkk. Hal ini lah yang tetap membuat saya puas dan hype menonton ini. Seolah-olah membangkitkan kembali jiwa Haruhi-ism yang telah lama terpendam. Padahal Haruhi baru muncul sekilas berpapasan dengan Nagato. Tinggal menunggu kembalinya Haruhi dengan suara Aya Hirano.
Pertanyaan selanjutnya, mungkinkah akan ada Suzumiya Haruhi season tiga? Serta, kapankah Tanigawa Nagaru merilis novel ke-12? Sudah lima tahun berlalu sejak movie Suzumiya Haruhi no Shoushitsu dan empat tahun sejak novel 10-11. Setidaknya spin-off Yuki-chan ini bisa menjadi obat pelepas rindu.

No comments: