Thursday 25 January 2018

Bincang-bincang Bersama Saitou Shuka dalam B.L.T. VOICE GIRLS Vol. 32, Oktober 2017

Seharusnya kemarin-kemarin nerjemahin ini dulu baru yang di Voice Brody, tapi tak apalah. Masih ada keterkaitan dengan yang di Voice Brody walau gak banyak. Well, seperti biasa terjemahan oleh saya sendiri. Jadi, langsung saja dan selamat membaca!
Wawancara Saitou Shuka

Dibandingkan sebelumnya, aku jadi lebih bisa menyukai diriku sendiri...

--- Musim kedua sudah dimulai ya!
Ini semua bisa terwujud berkat adanya dukungan dari berbagai pihak, jadi aku sangat bersyukur dan sangat senang. Dalam cerita baru tersebut menjadi tempat untuk memperlihatkan perkembangan kami. Kali ini ada banyak hal yang terjadi dan kami melalui banyak rintangan. Ada sih rasa khawatir tapi karena aku berjalan bersama semua anggota Aqours, jadi itu terasa menyenangkan. 
--- Jadi, apa pengalaman dari musim pertama yang bisa kau dapatkan?
Karena di sini itu debutku, jadi semuanya itu benar-benar pengalaman pertama bagiku. Menurutku, itu merupakan momen di mana hidupku berubah seketika. Berkat pertemuanku dengan Love Live! Sunshine!! inilah, aku jadi bisa melihat pemandangan yang sekarang. Sejak dimulai semuanya terasa berwarna, hari-hari yang kulalui terasa tak terlupakan dan bagaikan harta karun. Terus, yang pengaruhnya besar itu adalah banyak orang yang mengenal diriku. Karena dikenal itulah, aku jadi tahu apa-apa saja yang harus kulakukan, lalu aku juga menyadari kalau tempatku melangkah dan pemandangan yang kulihat jadi berubah. 
--- Menurutmu, kenapa Love Live! Sunshine!! bisa dicintai oleh banyak orang?
Penggambaran para gadis di sini terasa sangat realistis, jadi terasa banget kedekatannya. Slogan "kisah yang diwujudkan bersama" juga terasa besar pengaruhnya ya kan? Konsep "mewujudkan impian bersama" itu sesuatu yang indah, karena itulah menurutku karya ini bisa sebegitunya dicintai. Apalagi, Aqours itu seperti tak kenal lelah, seperti suatu grup yang pokoknya tanpa takut terus melaju meskipun rintangan menghadang. Dengan melihat sosok yang seperti itu, menurutku orang akan mendukung kami tanpa perlu alasan lebih. 
--- Pesan yang langsung tersampaikan itu juga terasa jadi sisi menarik utamanya.
Masing-masing terasa jujur dan menurutku semuanya berupa kata-kata yang hanya bisa diungkapkan oleh anggota Aqours sendiri. Sebenarnya, siapapun merasa tertantang untuk mengekspresikan apa yang dirasakannya. Sudah tentu misalnya tentang, "Aku ingin bersinar!", selain itu juga misalnya khawatir soal, "Apakah aku sebaiknya tetap begini?", atau juga misalnya tentang memikirkan teman dan menahan diri sendiri. Bagiku sendiri, perasaan yang ada di episode 11 musim pertama yang berjudul, "Persahabatan Yousoro!" itu benar-benar suatu perasaan yang pernah aku rasakan sebelumnya.
--- Sejak berpartisipasi dalam Love Live! Sunshine!! ini, adakah suatu perubahan pada dirimu sendiri?
Aku jadi lebih bisa menyukai diriku sendiri. Sebelumnya, aku gak suka diriku sendiri. Tapi ada hal yang kusadari selama menjalani hidup sebagai anggota Aqours lho. Aku harus lebih menjaga/menghargai diriku sendiri, karena kalau aku gak bisa menyukai diri ini, orang-orang yang telah mendukungku gak bakal bisa menyukai diriku. Sebelumnya, aku juga gak suka suaraku sendiri, tapi sekarang aku jadi bisa menyukainya! 

Saitou Shuka
Lahir pada 16 Agustus. Berzodiak Leo. Debut sebagai pengisi suara dalam Love Live! Sunshine!!. 

No comments: