Friday 19 October 2012

極東魔術昼寝結社の夏 Kyokutou Majutsu Hirune Kessha no Natsu

Saatnya meluangkan waktu untuk menulis review anime baru yang rilis bulan ini. Banyak anime baru yang akhirnya saya putuskan untuk tonton musim ini. Salah satu yang pasti saya ambil itu adalah Chuunibyou demo Koi ga Shitai [chu2koi]. Chu2koi adalah karya terbaru dari Kyouto Animation [KyoAni], yang sejak beberapa tahun terakhir selalu saya tonton karya-karyanya.
Chu2koi bercerita tentang Togashi Yuta yang baru saja masuk SMA. Yuta adalah seorang mantan chuunibyou yang dulu mengaku sebagai Dark Flame Master dan sekarang ingin menjalani kehidupan normal di SMA. Di sekolah, Yuta kemudian bertemu dengan cewek nyentrik bernama Takanashi Rikka yang seorang chuunibyou. Ternyata Rikka tinggal di apartemen yang sama hanya beda lantai. Rikka pun kemudian juga tahu masa lalu Yuta sebagai Dark Flame Master. Hal ini membuat Yuta yang ingin hidup normal malah terseret kenyentrikan Rikka.
Pada perkembangannya, di episode terbaru [03], Rikka membentuk sebuah klub. Awalnya bernama Kyokutou Majutsu Kessha. Lalu "merger" dengan Hirunebu bentukan Kumin-senpai, hingga berganti nama menjadi Kyokutou Majutsu Hirune Kessha. Mendapat tambahan anggota yakni Dekomori Sanae, "servant" dari Rikka. Pada akhirnya, klub ini disetujui oleh guru mereka. Di akhir episode, bergabung juga Nibutani Shinka. Hingga akhirnya nama klub ini menjadi Kyokutou Majutsu Hirune Kessha no Natsu.
 
Anime yang menarik dan menghibur. Lumayan bisa buat nyengir karena kekonyolan dan sedikit ke-lebay-an [walau tidak se-lebay Jojo] tingkah ke-chuunibyou-an Rikka. Melihat Rikka, mungkin seperti melihat gabungan Misaki [Another] dan Yui [K-ON!]. Contoh yang lebay adalah penggambaran scene pertarungan Rikka dengan kakaknya. Digambarkan secara lebay seolah-olah memakai armor berat dan dengan spell mematikan, padahal aslinya hanya bertengkar dengan payung dan gayung panci. Lalu di eps 03, seolah-olah Rikka dan Sanae sedang bertarung sampai terbang di langit padahal aslinya hanya glinthingan di lantai. 
Kalau dilihat dari eps 03, chu2koi malah jadi tipikal anime bikinan KyoAni seperti beberapa karya sebelumnya. Tipikal tersebut adalah seorang murid cewek yang "nyentrik" membentuk/membangkitkan sebuah klub di sekolah lalu menyeret seorang murid cowok yang agak normal. Jadi teringat Suzumiya Haruhi no Yuutsu, Clannad, dan terakhir Hyouka. Haruhi in chuuniverse, lol.

No comments: