Sunday 7 April 2013

Pasca Ke666alauan

Saatnya menuliskan episode terakhir Love Live! yang sebenarnya sudah berakhir seminggu lalu. Sebuah epidose yang mengakhiri ke666alauan episode sebelumnya.
Di eps 13 alias terakhir ini, pada bagian awal masih terasa sisa-sisa kegalauan episode sebelumnya. μ's hiatus sementara waktu. Kembali ke kehidupan mereka masing-masing. Nico tetap melanjutkan latihan walaupun μ's hiatus, bersama Rin dan Hanayo.
 
Di hari-H keberangkatan Kotori ke luar negeri, [A]Honoka bertemu dengan Umi di auditorium sekolah, tempat show pertama mereka. Saling membicarakan dan mengungkapkan perasaan mereka mengenai yang telah terjadi sebelumnya. Umi berkata kepada Honoka untuk menjemput dan membawa kembali Kotori dari bandara. Di bandara, Honoka meminta Kotori untuk tidak pergi dan terjadilah adegan saling pelukan dengan air mata.
 
Setelah berhasil membawa kembali Kotori, μ's pun kembali perform di audit sekolah membawakan Start:Dash versi bersembilan. Sekaligus menandai kembalinya μ's dalam jagad per-idol-an. Kemudian diakhiri dengan, "μ's myujikku staato!"
 
 
 
  
Berakhir sudah rangkaian 13 episode anime Love Live! ini. Sampai sekarang pun masih seperti saat pertama nonton eps 13, sulit mengungkapkan eps terakhir dengan kata-kata, speechless bahagia. Bisa dibilang eps ini bisa membalikkan kegalauan di eps sebelumnya. Walaupun kalau dipikir-pikir setelahnya, kok terasa agak anti-klimaks. Tapi tetap saja saya merasa puas dan bahagia dengan akhir kegalauan ini.
Overall, nilai 8.5/10 saja kali ya. Puas dengan versi anime dari Love Live ini. Sukses memainkan perasaan, di awal-awal sepertinya ceritanya akan damai, lempeng saja, tapi kemudian dibuat galau tingkat tinggi di bagian-bagian akhir, dan diakhiri dengan bahagia. Walaupun agak aneh juga, judulnya Love Live tapi μ's malah belum sampai menembus Love Live. Apakah akan dibuat season kedua? Ntahlah. Yang jelas, walau anime-nya yang sekarang sudah berakhir tapi μ's tidak berakhir. Kembali ke ranah per-idol-an. PV dan single keenam pun sudah menanti, sousenkyou kelima pun sedang berlangsung. Otanoshimini! Nikkonikkoni-!

No comments: