Tuesday 24 July 2012

Iyoiyo kuraimakusu

Akhirnya AKB0048 telah mencapai ujung kekekalan di episode 13. Ujung kekekalan? Maksud saya, episode terakhir[setidaknya untuk season pertamanya]. Sebetulnya saya tidak mengira kalau 0048 akan berakhir di eps 13 karena sepertinya ceritanya masih jauh dari ujung kekekalan dan masih banyak plot hole. Masih banyak yang perludijelaskan, misalnya mengenai kenapa Acchan dan para center nova lainnya hilang. Walaupun demikian, di eps 13 ini ternyata 0048 [cukup] bisa berakhir dengan memuaskan.
Di eps 13 ini, masih ber-setting di Lancastar. Tsubasa memutuskan untuk membatalkan konser para kenkyuusei ini di Lancastar karena potensi bahaya serangan DES terlalu besar. Namun, akhirnya atas desakan dan keinginan seluruh member 0048, serta bisikan suara gaib dari Acchan, konser pun kembali dijalankan. Para member 0048 yang sudah berada di Kachuusha pun kembali lagi ke Lancastar.
Overture pun dimulai. Bisa dibilang overture di eps ini ditampilkan secara penuh dan bahkan terdengar sayup-sayup suara wota yang sedang nge-chant mengikuti overture itu. Bahkan saya sampai tidak tahan untuk ambil lightstick dan ikut nge-chant, "taiga, faiya, saiba, faiba, daiba, baiba, ja ja! tora, hi, jinzou, sen'i, ama, shindou, kasen tobi joukyou! chape ape kara kina rara tusuke myohontusuke! A-K-B 0048! sore sore sore sore!" [jiwa 48 sepertinya sudah merasuk pada diri saya, halah]. Konser pun dibuka dengan Nagisa no Cherry. Posisi vokal awalnya diambil Chieri tetapi kemudian di tengah lagu Chieri menyerahkannya pada Nagisa.
Scene kemudian berlanjut memasuki encore. Para kenkyuusei ini membawakan lagu yang selama ini menjadi lagu ED anime ini, yakni Yume wa Nando mo Umarekawaru. Dibawakan di tengah gempuran pasukan DES. Bahkan serangan DES sempat mengenai stage performance mereka. But, the show must go on. Di saat para kenkyuusei ini perform, adalah tugas para shuumei member 0048 untuk melawan DES dan menjaga jalannya konser. Setelah Yume wa Nando mo Umarekawaru, para kenkyuusei membawakan Kibou ni Tsuite, lagu yang selama jadi lagu OP. Selama encore ini, para kenkyuusei benar-benar bersinar [dalam arti sebenarnya]. Sensei-sensei sampai memberi wangsit bahwa di antara mereka akan ada yang jadi the next center nova.
 
Overall, saya beri nilai 8.5/10 untuk anime ini. AKB0048 benar-benar memberikan gambaran mengenai bahwa untuk menjadi seorang idol itu tidaklah mudah. Penggambaran perjuangan itu sepertinya benar-benar tersampaikan ke para penonton. Bisa dibilang beberapa eps cukup mengharukan. Bahkan beberapa teman saya sampai menangis saat nonton beberapa episode 0048. Selain penggambaran itu tadi, nilai lebih dari anime ini adalah tentu saja lagu-lagunya yang memang diambil dari lagu AKB48 di dunia nyata. Kualitas tata suaranya pun sungguh mantab, apalagi setiap scene konser, benar-benar terasa seperti nonton konser sungguhan.
Sayang sekali, seperti yang saya tulis di atas, masih ada beberapa pertanyaan menggantung yang membuat penasaran. Semoga saja semua itu bisa terjawab di second season-nya nanti. Tapi, itu masih lama sekali, masih tahun depan, 2013, ntah pas musim apa. Mengenai second season, sudah di-spoiler bahwa akan ada shin senbatsu sousenkyou, kemungkinan sih pasti untuk seiyuu baru. Kemudian di-spoiler juga akan adanya Atsuko Maeda a.k.a Acchan the 14th. Siapakah gerangan yang akan menjadi successor Acchan selanjutnya? Siapakah yang akan menjadi center nova selanjutnya? Mari kita tunggu saja sampai di ujung kekekalan.

2 comments:

momo said...

bukanya ada episode 19?

meron said...

saya kan nulis postingan ini sudah Juli 2012 lalu sebelum ada eps 19 -_-