Tuesday 7 June 2011

Sebuah Kompilasi Karya Anak Bangsa

Akhirnya dirilis juga sebuah album kompilasi lagu-lagu Vocaloid karya anak bangsa Indonesia dengan judul Vocalo.ID. Terdiri dari 14 lagu dengan tracklist sebagai berikut :
  1. clash_2000 - re:month of music
  2. REDSHiFT - [fu]tashika na shiawase / [un]certain happiness
  3. PG.2125 - Keep Running
  4. Project Vocarou - Try to Live
  5. idoyklik - Yume no Ki / Tree of Dream
  6. Windshield.Soundscape - White Sheets [Kurogane mix]
  7. Gie & rito - Sang Kolektor
  8. nicevibes - Langkah Pertama
  9. Luzzy & Haku - Asal Ngomong
  10. JAMS FACTORY - Kau Segalanya
  11. Windshield.Soundscape - Awan
  12. rito - In the Forest
  13. mohaku - Venus di Ujung Jari
  14. Ethervain - Innocent Blue [Star Driver cover]
Belum terlalu sering nge-loop lagu-lagu di album ini sih, tapi saya akan me-review sedikit. Album dengan 14 lagu ini menggunakan tiga bahasa dalam liriknya, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang dan memakai Hatsune Miku [5 lagu], Kagamine Rin-Len [1 lagu], Megurine Luka [4 lagu], dan GUMI [4 lagu]. Pelafalan bahasa Indonesia dalam beberapa lagu ini pun lumayan lah.
Untuk sementara sih, yang paling sering saya loop baru "re:month of music" dan "[un]certain happiness" [terutama ini]. Mungkin dua lagu ini yang jadi favorit saya di album ini. Tapi bukan berarti saya gak dengerin lagu lain [walaupun beberapa cuman didengerin sekilas lalu saja]. Selain dua lagu yang saya sebut tadi, mungkin hanya lagu "Asal Ngomong" yang sering terngiang di kepala. Bagaimana tidak terngiang, lha wong liriknya aja bikin nyengir dan mudah diingat. Liriknya berisi tentang orang Indonesia yang "sangat suka" Jepang sampai sok-sokan ngomong pake bahasa Jepang seadanya. Mungkin lagu ini menyindir para weaboo/wapanese/apa lah itu istilahnya yang sering sok-sokan pake bahasa Jepang [saya saja yang kuliah jurusan Jepang malah jarang ngomong pake bahasa Jepang kecuali pas kuliah]. Kalau lagu lain masih jarang saya dengarkan jadi belum terlalu memperhatikan lirik dan sebagainya. Kesan pertama saya pas mendengarkan album ini, "this album is very nice." Kesan khusus untuk lagu "White Sheets", pas pertama kali dengar ini lagu berasa seperti lagunya White Shoes and The Couples Company, suaranya Luka malah jadi kayak suaranya Sari, vokalis WSATCC.
Lewat album ini mungkin orang-orang yang terlibat di balik album ini ingin membuktiken bahwa orang Indonesia pun bisa menghasilkan suatu karya Vocaloid yang berkualitas dan tidak kalah dibanding dengan karya orang Jepang. Setidaknya bagi saya, mereka memang telah menunjukkan kualitas yang dituangkan dalam 14 lagu di album ini. Dan mengutip sebuah iklan rokok, mereka itu "sejati, emang bikin bangga..."
Album ini bisa menjadi alternatif bagi orang Indonesia yang sudah bosan [atau bahkan muak] dengan lagu-lagu karya orang Indonesia yang mainstream, sangat umum, dan itu-itu saja. Demikian review yang sangat singkat dan seadanya yang tidak seperti review ini. Jadi teringat bahwa di komputer ter-install software Vocaloid2 Hatsune Miku tapi sudah hampir tidak pernah saya utak-atik lagi.

No comments: